Pidato Safar

Akulah Safar

Salah satu pejalan hidup

Kubanyak berpindah tempat

Kubanyak menghabiskan jalan

Akulah Safar

Penikmat shalat Jama’ dan Qasar

Karena kadang

Waktu sholatku bertemu dengan waktu ku di jalan

Pada suatu hari dimana aku masih bodoh

Hari jum’at tepatnya

Aku akan dalam perjalanan setelah sholat Jum’at hingga dengan Magrib

Aku akan men-Jama’ shalat Ashar

Aku tidak tahu niat menggabungkan sholat Jum’at berjama’ah dengan Jama’ Ashar

Semoga Allah mengampuniku

Dalam perjalanan lain, aku akan berada di daerah yang baru

Daerah yang akupun masih belum tau berapa lama menuju kesitu dan berapa lama urusanku

Daerah yang kemungkinan besar didiami non-muslim yang tidak tau kiblat dan mesjid dimana

Ketika waktu Dzuhur masuk, aku akan men-Jama’ Ashar

Niat agar tidak terlewat shalat Ashar

Tapi kutakutkan, jauh di dalam hatiku, agar Ashar tidak menggangu urusanku

Semoga Allah mengampuniku

Ketika akan pulang, aku sudah di stasiun saat Magrib

Maka telah kuperkirakan Isya ku akan diperjalanan

Ku Jama’ Magrib dengan Isya

Tapi kutakutkan, jauh di dalam hatiku, agar setiba dirumah aku bisa langsung tidur

Semoga Allah mengampuniku

Pada lain masa aku yang kelam dari ilmu

Aku harus berada di pelabuhan pas setelah subuh

Aku harus berangkat dari rumah sebelum subuh masuk

Aku yang bodoh, shalat sebelum waktu masuk

Padahal jika aku berakal, aku bisa shalat diatas kendaraan menuju pelabuhan

Hai yang mendengar ceritaku

Semoga kebodohan ku bisa menjadi renungan

Semoga kurangnya ilmuku bisa menjadi pelajaran dan motivasi untuk belajar

Baik untuk diriku sendiri, atau untuk orang lain

“Hai Safar” sahut seseorang

“Semoga Allah mengampunimu”

*Disebuah pasar, diatas kotak kayu, dibawah teriknya matahari, seorang musafir berpidato

Leave a Reply

