Sekolahlah…

Pak, ketika melihat tulisan dibelakang truk mu ini,
Saya merasa setuju dan tidak setuju pada waktu bersamaan

20141030_012

Saya setuju sekolah itu penting.
Saya setuju, orang sekolah memiliki kesempatan untuk hidup lebih baik.
Saya setuju, sekolah membuka kesempatan seseorang untuk memiliki pilihan.
Pilihan untuk meneruskan sekolah.
Pilihan untuk berkerja.
Pilihan untuk berwirausaha.

Semakin tinggi tingkat sekolahnya, semakin banyak pilihan yang dia punya.
Untuk meneruskan sekolah, terlalu banyak jenis sekolah dan konsentrasi ilmu yang bisa dipilih.
Untuk bekerja, banyak pula lapangan pekerjaan yang terbuka.
Bahkan untuk berwirausaha, banyak jenis dan model pengelolaan yang bisa dia pilih.
Menurut saya, sekolah adalah tentang anugrah untuk memiliki banyak pilihan.

Tapi, sekolah tidak harus formal.
Saya tuliskan jenis sekolah ini sebagai ‘sekolah’.
Bapak mungkin hanya ikut sekolah formal sampai tahap pertama atau menengah.
Tapi Bapak banyak punya ilmu yang tidak diteorikan di sekolah formal.
Ilmu bertahan hidup dalam kondisi yang pas walaupun harus ‘sekolah’ mengenai menahan lapar dan keinginan.
Ilmu perencanaan walaupun harus ‘sekolah’ mengenai merugi atau sakit.
Ilmu menjaga kepercayaan walaupun harus ‘sekolah’ mengenai ditipu dan dikhianati.
Ilmu bercita-cita agar anakmu tidak seperti dirimu walaupun harus ‘sekolah’ mengenai pedihnya hidup.
Ya Bapak, saya kutip dari menteri baru kita, “Yang tidak sekolah harus bekerja tiga kali lebih keras”.
Saya mengartikan kata-kata “tiga kali” ini sebagai sifat tahan banting, banyaknya pengalaman, dan ketetapan untuk kejujuran.

Tapi Pak,
Jangan kecil hati dengan kondisi bapak yang tidak sekolah.
Saya pun banyak belajar dari orang-orang seperti bapak.
Saya apresiasi tulisan dibelakang truk bapak.
Semoga jadi motivasi agar yang melihat tulisan ini mau dan berusaha sekolah.
Semoga anak cucu bapak dapat sekolah setinggi-tingginya dimanapun mereka mau.

“Pada perjalanan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru untuk sebuah sekolah, Politeknik Caltex Riau

Leave a Reply

