Menuju 1000 Jam Pertama menjadi Dosen

Setelah tulisan Pengantar Menjadi Dosen 1.0.1, tulisan kali ini bercerita tentang pelatihan dosen di Politeknik Caltex Riau.

3, 4, dan 5 April 2015 lalu, 25 dosen PCR mengikuti pelatihan Metodologi pembelajaran Diploma, Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) dan pelatihan Applied Approach (AA). Kedua pelatihan ini dirancang DIKTI untuk meningkatkan kompetensi pedagogik bagi para dosen. Selama tiga hari pelatihan dari jam 7 pagi sampai jam 6 sore, dosen PCR dibekali materi mengenai Sistem dan Filosofi Pendidikan Tinggi, Prinsip-Prinsip Belajar, dan Paradigma Baru dalam Pembelajaran di Pendidikan Tinggi. Selain itu, dosen PCR juga diberi materi yang mempersiapkan dosen menjadi pejabat struktural seperti materi tentang Kebijakan dan Strategi Peningkatan Pendidikan Tinggi Vokasi, Pengelolaan Pendidikan Tinggi, Jurusan, dan Prodi.

Fokus pada kemampuan dosen, pelatihan juga membahas Metoda Pengelolaan Kelas dan Mahasiswa, Membuat Silabus dan Rancangan Pertemuan, dan Merancang Soal Evaluasi serta Penilaian. Pada hari terakhir, setiap dosen wajib melakukan simulasi mengajar selama 15 menit. Semua materi mengenai pengajaran dilengkapi dan ditampilkan dihadapan pada dosen lain yang berperan sebagai mahasiswa.

Berikut video penampilan penulis pada hari ke-3 pelatihan tersebut.

Terlepas dari kualitas video yang entah mengapa flickering dan ponsel Pak Rahmat Suhatman sebagai kameramen bergetar, pertama kali penulis melihat video ini:

Sounds Weird! :))

Komentar pribadi: temponya terlalu cepat, kurangi pergerakan tidak penting, dan tangan  jangan masuk ke saku.

Komentar dari Bu Tintin Suhaeni sebagai pemateri dalam pelatihan ini: kurangi mengucapkan “Ok” dan jangan menunjuk ke layar persentasi. Sebaiknya menggunakan pointer. Noted Bu!

Komentar asisten dosen Aznelya Susila Hezty: Jangan mengintip ke layar belakang, kalau mau lihat ke laptop saja. Sebisanya kalau membuat joke, muka harus ikut senyum juga.

Terlebih terkurang dari penampilan pada video ini, penulis juga mengharapkan masukkan atau share pengalaman dari para pembaca.

“Please write below in comment section.”

*Detail teori dan konsep yang penulis terapkan dalam presentasi 15 menit ini akan dibahas pada tulisan berikutnya.

Semoga bermanfaat.

Advertisements

2 thoughts on “Menuju 1000 Jam Pertama menjadi Dosen”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s