Pelatihan AA-Pekerti, PCR

Tulisan ini akan menjelaskan beberapa teori dan kosep dalam presentasi micro teaching yang ditampikan pada tulisan Menuju 100 Jam Pertama Menjadi Dosen. Teori dan konsep ini akan dijelaskan sesuai dengan timeline presentasi. Jadi, silahkan play dan stop video-nya untuk setiap teori dan konsep.

BAGIAN PENDAHULUAN

Dalam 3 menit pertama dari presentasi ini merupakan bagian pendahuluan. Konsep dalam bagian pendahuluan ini disingkat dengan akronim GLOSS. Get attention, Link with previous lesson,
Objective, Structure, dan Stimulate. Namun pada presentasi yang penulis lakukan, konsep ini tidak penulis terapkan secara berurutan. Akronim pada presentasi penulis menjadi, GLSOS.

00.00 – 00.10: Salam pembuka
00.10 – 00.40: Ice breaking dengan opening joke, tapi sayang nggak ‘kena’.

Get attention adalah penarik perhatian mahasiswa. Hal ini bertujuan untuk mulai mengarahkan fokus mahasiswa dan mencairkan suasana. Penulis mencoba membuat joke sederhana namun sepertinya kurang berhasil. Salah satu yang cukup berhasil adalah opening yang dibuat oleh salah satu peserta, Pak Ma’sum Rois. Pak Ma’sum bercerita tentang generasi terbaru dari OS Android dengan nama Android M. Lalu, dia mengasumsikan bahwa huruf M itu sebenarnya Android Ma’sum. Langsung gerr.

Selain joke, Get attention bisa dilakukan dengan sebuah berita yang spektakuler atau penyataan yang membuat mahasiswa bertanya-tanya. Salah satu contoh dari Pak Ma’mun sebagai pemateri adalah “Ada yang tahu, ternyata lulusan Teknik tidak dibutuhkan lagi saat ini?”. Lalu, jawabannya dibelokkan ke lulusan Teknik yang tidak kompeten.

Penulis lebih sering bertanya apakah mahasiswa sudah sarapan dan selalu dijawab belum. Pada kesempatan lain, pertanyaan sederhana seperti kondisi kesehatan juga cukup membantu. Bisa juga, pertanyaan ini dikaitkan dengan kondisi akhir bulan mahasiswa dan berapa bungkus mie instan yang sudah dikonsumsi.

00.40 – 01.05: Outline dari pertemuan
01.05 – 01.16: Referensi materi

Link with previous lesson adalah cara untuk merefresh memori mahasiswa tentang materi terakhir yang telah mereka pelajari pada pertemuan sebelumnya. Menurut Pak Ma’mun, by default, mahasiswa tidak mengulang materi diluar kelas. Jadi, penting untuk mengulang sedikit gambaran materi sebelumnya.

Pada presentasi ini, penulis memasukkan komponen ini dalam outline pertemuan berupa 3 agenda. Penulis bisa bertanya kepada mahasiswa apakah ada yang ingat pertemuan lalu sudah belajar apa. Biasanya, mahasiswa mulai membolak balik catatan untuk mengecek.

Structure membahas pokok materi yang akan dibahas, referensi yag digunakan, dan proses pembelajaran yang dilakukan. Untuk isi agenda pertemuan, dosen bisa melakukan variasi sesuai kebutuhan. Terkadang penulis menyelipkan cerita motivasi atau menonton video sebagai salah satu agenda.

01.16 – 01.50: Objektif Pembelajaran Siswa (OPS)

Objective merupakan pemberitahuan ke mahasiswa target dari pertemuan. Hal ini dianjurkan sehingga mahasiswa tahu kompetensi apa yang harus mereka capai pada setiap pertemuan. Target ini sudah ada di dalam dokumen rencana pertemuan (RPP atau SAP). Jika desain rencana pertemuannya betul dan terorganisasi baik, seharusnya OPS ini bisa dicantumkan dalam fasilitas note di PowerPoint.

01.50 – 02.10: Esensi dan manfaat materi sehingga bisa memotivasi mahasiswa untuk serius mempelajari materi.

Stimulate adalah pemberitahuan kepada mahasiswa pentingnya materi yang diberikan. Bisa dikaitkan dengan penggunaan materi di dunia kerja, hubungan dengan mata kuliah lain atau proyek akhir, dan manfaat pribadi lainnya. Dengan adanya Stimulate ini, diharapkan mahasiswa lebih semangat dan serius untuk mempelajari materi.

02.10 – 02.42: Bersyukur dan berdoa.

Pada akhir bagian pendahuluan, penulis memasukkan komponen doa bersama. Syukur dan doa, menurut penulis, bisa menyamankan otak. Doa dalam setiap pertemuan bisa berbeda-beda. Syukur
dan doa bisa disesuaikan dengan isu aktual, persiapan ujian, cita-cita, dan hal-hal yang dekat dengan mahasiswa, seperti orang tua. Beberapa doa yang penulis terapkan pada salah satu kelas teori yang penulis ampu, dirangkum pada tulisan berikut.

BAGIAN PENYAJIAN

6 sampai 7 menit berikutnya terkait dengan materi teori. Sehingga dalam pembahasan ini, penulis merangkum beberapa hal-hal yang penulis rasa penting untuk diperhatikan.

02.42 – 03.56 Agenda 1 dan 2

Dalam setiap materi, perlu diperhatikan komponen Explanation, Activity, dan Summary (EAS)Explanation berisi penjelasan pengertian, contoh gambar dan kasus. Activity adalah kegiatan
mahasiswa sebagai respon dari explanation. Bisa berupa tanya jawab dan diskusi kelompok. Sedangkan Summary adalah kesimpulan dari materi yang telah dibahas. Menyamakan persepsi dan konsep bisa dilakukan pada bagian ini.

Isi slide materi sebaiknya dalam jumah yang bisa dicerna atau disgestible. Metoda yang digunakan bisa ceramah, interaktif (animasi dan video), dan tidak terlalu banyak tulisan membentuk paragraf. Untuk poin-poin penting bisa memainkan ukuran dan warna tulisan sehingga lebih menarik dan mudah diingat.

03.56 – 04.42 Hubungkan dengan hal-yang dekat dengan mahasiswa untuk menjelaskan sesuatu.

Sebagai contoh, penulis mengaitkan pengalaman ketika mahasiswa SD dan istilah himpunan mahasiswa yang cukupfamiliar. Usahakan juga untuk mengingat nama mahasiswa sehingga mahasiswa tidak kaku.

Untuk body langguage, menurut referensi yang penulis pernah baca, posisi tangan sebaiknya dibawah diagpharma, bukan dibelakang, didepan, atau didalam saku.

04.42 – 07.20 Mahasiswa bergantung pada slide.

Kebiasaan mahasiswa untuk menunggu slide dan kurang memperhatikan ketika dikelas bisa ditanggulangi dengan membiarkan beberapa bagian slide tidak lengkap. Bisa dengan “….”
atau mengosongkan isi blok diagram. Dengan cara ini, mau-tidak-mau mahasiswa tidak bisa bergantung sepenuhnya pada slide.

Menurut penulis, jangan membiasakan mahasiswa menjawab pertanyaan dalam gemuruh. Sebaiknya ajak untuk mengangkat tangan ketika menjawab. Dari proses ini, tingkat pemahaman mahasiswa bisa dipetakan.

07.20 – 07.29 Penting juga untuk mengaitkan materi dengan materi pada mata kuliah lain.

07.29 – 8.10 Apresiasi dan positif enforcement

Untuk setiap tingkah laku mahasiswa, perlu respon berupa positive enforcement atau negative enforcement. Bagi penulis, setiap jawaban baik akan mendapat apresiasi tepuk
tangan. Jika bosan, bisa divariasikan dengan tepuk pramuka. Untuk negative enforcement, tips dari dosen lain biasanya menggunakan denda berupa permen yang pada akhir semester akan dibagikan kembali.

09.05 – 09.08 Agar kelas tidak terlalu serius, kadang penulis membuat joke.

BAGIAN PENUTUP

Lebih kurang 6 menit terakhir merupakan bagian penutup. Untuk bagian penutup, akronim yang digunakan adalah CA-OSeNG. Conclussion, Assessment, Objective report, Suggestion to enhance
topic, Next session topic, dan Greeting. Kekurangan pada presentasi penulis adalah tidak adanya Suggestion to enhance topic.

09.18 – 10.29 Assessment atau evaluasi

Assessment dapat dilakukan dikelas atau dalam bentuk tugas. Ketika dikelas, bisa melakukan kuis atau menjawab pertanyaan. Pada presentasi ini penulis menggunakan soal evaluasi benar/salah dan klasifikasi.

10.29 – 10.35 Objective report

Pada bagian awal evaluasi, ulang lagi target yang telah disebutkan pada awal pertemuan sehingga nantinya bisa diukur apakah target tersebut sudah tercapai.

11.35 – 11.40 Penting untuk mendengarkan setiap aspirasi jawaban dari mahasiswa. Jika ada yang belum tepat, luruskan kembali.

11.40 – 11.46 Joke musyawarah mufakat

11.46 – 11.54 Lakukan pembahasan terhadap jawaban.

12.15 – 13.56 Simpulkan keseluruhan materi dan tekankan pada hal-hal penting. Untuk bagian ini, penulis menggunakan metode mind map untuk menyimpulkan materi.

13.56 – 14.25 Jika ada akses mahasiswa terhadap materi seperti E-Learning dan blog bisa diberitahukan kepada mahasiswa.

14-25 – 14.39 Berikan juga gambaran materi untuk pertemuan berikutnya

14.39 – 15.47 Penutup yang biasanya penulis gunakan.

 

Semoga bermanfaat.

*Trivia: Berapa kali penulis mengucapkan kata “Ok” didalam video presentasi?

Advertisements

2 thoughts on “Pelatihan AA-Pekerti, PCR”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s