Semester Baru, Apa lagi?

Salam,

Alhamdulillah sudah melewati 3 semester menjadi dosen. Kurun waktu ini masih sangat pendek menuju 1000 jam pertama. Namun, bukan hanya akhir dari 1000 jam yang perlu dihitung. Setiap jam yang dilalui perlu dicatat sebagai proses, ditandai sebagai langkah, dan diperbaiki guna evaluasi.

Catatan positif terkait status sebagai dosen antara lain sudah pegawai tetap PCR, sudah punya Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN), dan sudah memiliki jabatan fungsional sebagai Asisten Ahli.

Dalam pengajaran dan pengelolaan kelas, hasil kuisioner akademik yang mengkhawatirkan di semester 1 sudah membaik. Tidak ada lagi poin penilaian yang merah. Telah mendapat pelatihan AA-Pekerti sehingga menjadi lebih “kaya” dalam pengelolaan kelas. Semua materi kuliah sudah di-share di E-Learning dan Blog PCR.

15-04-24 Kuesioner akademik

Untuk komponen Tri Dharma yang lain (penelitian dan pengabdian kepada mayarakat),  1 prosiding dan 1 jurnal. 4 pengabdian masyarakat dan 2 penelitian. Detail informasinya bisa dilihat di sini dengan inisial dosen YAS.

Sedangkan catatan untuk 3 semester yang lalu adalah masih “cepat” dalam mengajar di kelas (berdasarkan komentar kuisioner mahasiswa), masih kurang menyederhanakan bahasa sehingga sesuai dengan nalar mahasiswa, kurang variasi contoh dalam menjelaskan materi, dan kurang sabar dalam mengulang penjelasan.

Sebagai dosen pembimbing PA, 1 dari 9 mahasiswa gelombang 1 bimbingan belum bisa ikut Yudisium periode II ini dan 4 dari 10 mahasiswa gelombang 2 belum sidang proposal.

Tri Dharma, 1 pengabdian masyarakat belum dilaksanakan dan 1 penelitian belum berjalan. Buku Video Quality belum selesai juga dan tambahan modul praktikum untuk Algoritma dan Pemograman, Bahasa Assembly, dan Mikroprosessor dalam Bahasa Assembly belum ada sama sekali.

Fiuh…

Jadi, semester baru, apa lagi? Selain menyelesaikan catatan dari semester sebelumnya maka mimpi berikutnya adalah sebagai berikut:

  1. Inisialisasi program nongkrong di kelas ketika dosen lain sedang mengajar. Hal ini untuk memperkaya cara pengelolaan kelas dan belajar mengajar. Beberapa dosen sudah diajak ngobrol untuk program ini semester depan. Mudah-mudahan dosen-dosennya berkenan dan waktunya pas.
  2. Program Free Abstrak Translation (FAT). Melihat-lihat kualitas terjemahan Abstrak menjadi Abstract yang lumayan mengkhawatirkan, maka terbersit ide untuk menyediakan layanan translasi gratis. Walaupun tidak terlalu proofread tetapi setidaknya memperbaiki kualitas. Mengingat akhir-akhir ini sudah jarang nulis ilmiah menggunakan Bahasa Inggris, maka daripada makin tumpul, ya setidaknya diasah juga sekalian kerja sosial.
  3. Program Specific Course Training (SCOUT). Punya beberapa ilmu yang bisa dibagi seperti Speech Control using Arduino Uno dan Easy VR Shield, video stream using NS-2, Video Editing using FFMpeg, dan Riveting Academic Paragraph maka mau ngajarin yang pengen belajar beberapa course singkat ini. Mungkin 3 atau 4 orang saja, jadwalnya Sabtu siang, sebulan dua kali. Mudah-mudahan bermanfaat untuk proyek akhir.
  4. Program 3-Minute PA Competition. 1 Judul PA, 1 Slide Persentasi, 3 Menit presentasi. Tujuannya, simulasi seminar proposal untuk PA yang akan dikerjakan mahasiswa. Sehingga, mahasiswa lebih tahu seperti apa sebetulnya alur berpikir dalam pengerjaan PA.
  5. Ikut penelitian internal lagi walaupun belum tahu mau bikin apa. Tapi yang jelas bukan hardware lagi…
  6. Publikasi 6 paper yang berkolaborasi dengan PA mahasiswa
  7. Mendampingi mahasiswa untuk ikut lomba nasional (PKM) dan internasional (Imagine Cup)
  8. Persiapan proposal S3
Advertisements

One thought on “Semester Baru, Apa lagi?”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s